Selasa, 26 Agustus 2008

ATLET SENAM

Atlet Senam Termasyur


Nadia Elena Commaneci
Nadia Elena Commaneci lahir 12 November 1961 di Onesti, Rumania. Comamneci merupakan anak Gheorghe dan Stephania Alexandria; ia dinamakan menurut “Nadia” kependekan “Nadyezhda” (harapan) wirawati dalam film Rusia. Ia adalah ahli gimnastik Rumania yang menang lima pingat Sukan Olimpik, dan atlet senam pertama yang menerima markah sempurna sebanyak 10 markah dalam sukan gimnastik di Sukan Olimpik. Ia dianggap oleh sebahagian orang sebagai ahli Sukan teragung di Abat ke-20 dan salah seorang atlet gimnastik terbaik sepanjang masa.

Li Xiaopeng
Li Xiaopeng adalah pesenam favorit tim senam putera Tiongkok. Dalam acara tetap Ruangan Olahraga edisi kali ini, akam kami perkenalkan pesenam berbakat Tiongkok Li Xiaopeng. Li Xiaopeng dari umur 6 tahun mulai belajar senam dan pada umur 15 tahun masuk tim nasional. Dalam Kejuaraan Dunia Senam ke-33 yang diselenggarakan di Lausanne Swis tahun 1997, Li Xiaopeng yang berumur 16 tahun bersama teman-temannya berhasil tampil sebagai juara beregu putera sehingga ia menjadi juara dunia yang paling muda dalam sejarah tim senam putera Tiongkok.
Dalam pertandingan internasional sesudah itu, Li Xiaopeng berkali-kali tampil sebagai juara dan berturut-turut 13 kali meraih gelar juara dunia termasuk dua medali emas Olimpiade.

Nicolai Andrianov
Dilahirkan pada tahun 14 Oktober 1952. Ia dibesarkan di bawah pengawasan dengan system akademi Uni Soviet (Rusia). Andrianov menjadi salah satu dari sedikit pesenam putra yang memenangkan 7 medali emas dalam olimpiade cabang senam. Ia memenangkan medali emas olimpiadenya yang pertama tahun 1972 dalam lomba senam lantai 19,75.
Andrianov memiliki rekor 15 kali untuk sebagian besar medali nomor putra yang diperebutkan dalam olimpiade. Pada Olimpiade Montreal 1976, Andrianov membawa kemajuan aspirasi Uni Soviet dengan memenangkan medali emas dengan perolehan smua nomor 116,65, Andrianov berhasil menaklukkan Sawao Kato yang meraih Perak.

Tidak ada komentar: